Usaha dengan Modal Minim? Pahami Pengertian Waralaba





peluang usaha modal kecil pengertian waralaba

Apakah Anda masih berpikir memulai sebuah bisnis memerlukan modal yang banyak? Jika ya, maka hapuslah petersebut, karena mungkin Anda belum tahu mengenai pengertian waralaba.  Karena dewasa ini, terdapat sistem bisnis yang dapat di awali dengan modal yang minim. Dengan modal yang tidak tergolong besar, Anda dapat memiliki satu unit bisnis untuk Anda kelola. Unit bisnis tersebut biasanya sudah memiliki nama atau branding. Semakin terkenal branding unit bisnis tersebut, semakin mahal biaya yang di keluarkan. Hal ini dikarenakan pengaruh branding tersebut yang menciptakan citra produk di masyarakat.

Adalah waralaba, yang membuka peluang Anda untuk berbisnis dengan modal minim. Namun sebelum itu, Anda harus memahami pengertian waralaba maupun sistemnya. Karena meski dengan modal yang minim, setiap usaha tetap saja rentan untuk sulit berkembang.

Baca Juga: franchise makanan di bawah 10 juta

Pengertian waralaba adalah kepemilikan hak khusus yang dimiliki perorangan atau sebuah badan usaha terhadap suatu sistem usaha maupun branding produk dalam memasarkan produknya. Sistem waralaba sebenarnya sangat menguntungkan kedua belah pihak. Selain dengan modal yang terbilang kecil, waralaba juga memberikan kemudahan karena biasanya terdapat standar operasionalnya.

Waralaba atau yang biasa dikenal franchise, semakin berkembang di Indonesia dan memiliki pasar tersendiri di masyarakat. Waralaba menjadi primadona para pebisnis pemula karena ongkos produksinya dapat ditekan. Umumnya, wiralaba di Indonesia berkembang di sektor kuliner baik makanan ataupun minuman.

Jika Anda sudah memahami pengertian waralaba, kini Anda perlu cermat dalam memilih waralaba yang akan Anda investasi. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih jenis waralaba:

peluang usaha modal kecil pengertian waralaba secara umum



  1. Survei lokasi yang hendak Anda tuju. Lokasi akan sangat berkaitan dengan jenis pasar (konsumen) sehingga memengaruhi percepatan pertumbuhan bisnis. Jika Anda hendak membuka gerai franchise di sekitar sekolah, maka baiknya memilih jenis franchise makanan ringan atau pun minuman. Namun jika Anda hendak memilih wilayah perkantoran, Anda dapat memilih franchise sejenis kopi atau pun makanan berat cepat saji.
  2. Setelah mengetahui lokasi serta pasar yang dituju, Anda juga perlu menyeleksi pilihan franchise yang tersedia. Pilih waralaba yang telah teruji kredibilitasnya. Kredibilitas dapat Anda ketahui dari testimoni kemitraan yang lain maupun testimoni masyarakat. kredibilitas juga berhubungan dengan brand produk. Semakin dikenal oleh masyarakat, peluang untuk berkembang cepat akan semakin lebar
  3. Jangan terpancing dengan tawaran yang murah. Hal tersebut berhubungan dengan izin usaha, apakah legal atau tidak. Jika Anda tertarik di sektor kuliner, pastikan juga apakah sudah sertifikasi halal. Semakin jelas jenis waralaba Anda, maka meminimalisir permasalahan di kemudian hari.
  4. Bentuk strategi pemasaran yang efesien. Salah satu tantangan membuka bisnis franchise terletak pada mengembangkan unit tersebut dengan jangka waktu sesingkat mungkin. Semakin baik strategi pemasaran, maka masyarakat semakin mengenai bisnis Anda dan tertarik untuk mencoba. Strategi pemasaran paling umum adalah dengan menyebarkan pamflet atau pun banner untuk mengambil perhatian. Di era digital seperti ini, tentunya Anda harus memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk. Dengan media sosial, Anda hanya perlu rajin memperbarui informasi, menanggapi pertanyaan atau pun keluhan pelanggan serta menjelaskan promosi-promosi tertentu. Media sosial adalah cara efektif sejauh ini, karena tidak membutuhkan ongkos yang besar.

Tentunya, kunci sukses sebuah bisnis terdapat pada kualitas produk dan kualitas pelayanan. Jika Anda telah memilih brand yang baik, maka Anda harus mengembangkan dan memberi inovasi pada kualitas pelayanan.

Sudah Baca Artikel ini?







Posting terkait dengan Usaha dengan Modal Minim? Pahami Pengertian Waralaba







Hak cipta © Indra Widaryanto
error: Content is protected !!