Sebaiknya Anda Tahu 6 Cara Menemukan Produk Franchise Indonesia Terbaik



franchinse indonesia terbaik

untuk memulai bisnis terdapat beberapa aspek yang harus Anda pelajari. salah satunya adalah membangun sistem dan membuat brand. jika anda tidak berpengalaman tentu saja itu hal yang sangat susah dan membutuhkan waktu yang lama.

Ada cara cepat untuk memulai usaha tanpa memikirkan detail tentang sistem atau brand, yaitu memulai usaha dengan franchise atau waralaba.

saat ini sangat banyak produk franchise Indonesia yang bisa Anda pilih. Anda perlu menemukan best of the best dari produk yang Ada sehingga usaha dapat berlangsung lama dan investasi Anda dapat kembali sesuai perhitungan bahkan lebih cepat.

Anda bisa menggunakan 6 cara menemukan Produk Franchise terbaik yang sesuai denga pasion Anda.

1. Hati-hati dengan Janji yang berlebihan
“Kecap semua No. 1” mungkin Anda sudah sering mendengarnya. para Franchisor pasti akan menawarkan manis-manis alias keunggulan produk dan ada beberapa yang tidak mau membuka pahit-pahitnya karena takut tidak laku.
untuk itu mempelajari dan memahami dengan baik dan detail isi dari dokumen perjanjian sangat penting sehingga Anda tahu Hak dan Kewajiban Anda. jika Anda yang tidak jelas segera tanyakan sejelas-jelasnya. jika perlu lakukan komunikasi denganorang-orang yang sudah membeli franchise tersebut dengan cara mendatangi tenan-tenan yang sudah Anda untuk lebih memantabkan Anda memiliki franchise tersebut.

2. Kenali Setiap Resiko
Tidak ada usaha tanpa resiko, untuk itu resiko yang ada perlu dimanage bahkan bisa meminimalkan kerugian.
jika Anda mengambil franchise Donat, dan usia donat itu 8 jam. sesuai SOP donat harus dihancurkan dan dibuang. tetapi setelah donat itu dihancurkan dan dijual ke peternak untuk jadi makanan ternak maka Anda dapat meminimalkan kerugian. Anda bisa berdiskusi bersama franchisor untuk mendapatkan win win solustion.

3. Kenali Franchisor
Kenai kredibilitas franchisor, terutama secara hukum. cek sejarah pemilik via internet karena di era seperti ini hampir semua informasi tersaji diinternet. bahkan Anda dapat cek https://putusan.mahkamahagung.go.id/ apakah ada kasus yang berhubungan dengan franchisor.

4. Pahami Detail Dokumen Perjanjian.
Jika masih ragu atas dokumen perjanjian, segera konfirmasi. jangan buat persepsi sendiri atas isi dokumen yang sudah anda baca. konfirmasikan kepada franchisor atau notaris untuk menghindari miss comunikasi. jika sudah yakin barulah Anda tandatangani dokumen itu.

5. Minta Informasi dari Franchisee mereka
seperti saya sampaikan sebelumnya, mainlah ke tenan-tenan dari franchise yang akan Anda beli. Anda akan mengetahui kondisi nyata di lapangan dari praktisinya. kesulitan dan kemudahan apa yang dihadapi. support apa yang diberikan oleh franchisor dan lain-lain.
Anda juga bisa mendapatkan informasi mengapa beberapa franchisee gagal dalam menjalankan usahanya dan anda bisa mencari solusi atas masalah tersebut sehingga saat benar-benar terjadi hal yang sama, Anda sudah dapat mengatasinya.

6. Analisa keuangan atau cash flow
setelah melakukan poin 5, lakuakan kembali analisa keuangan atau cash flow. sebaiknya membuat 3 analisa:
a. Konservatif (kondisi penjualan sepi)
b. Moderat (kondisi penjualan rata-rata)
c. Optimis (kondisi penjualan ramai)

Analisa dapat membantu Anda memprediksi keuntungan atau kerugian yang mungkin timbul saat Anda menjalankan usaha.

Anda juga bisa mempersiapkan berapa besar modal yang diperlukan jika Kondisi Penjualan Sepi.

Anda bisa menggunakan rasio-rasio keuangan untuk mengetahui apakah investasi Anda menguntungkan atau tidak, seperti Return on Investment (ROI)

Setelah membaca 6 cara memilih Franchise Indonesia terbaik Anda bisa lebih berhati-hati saat memilih franchise. silahkan pilih yang terbaik untuk diri Anda dan kantong Anda.

Sudah Baca Artikel ini?







Posting terkait dengan Sebaiknya Anda Tahu 6 Cara Menemukan Produk Franchise Indonesia Terbaik







Hak cipta © Indra Widaryanto
error: Content is protected !!