Tips Bagi Anda yang Sedang Mencari Usaha Sampingan



 

“Enak ya bisa kerja di rumah dan mendapatkan penghasilan”. Mungkin itulah celotehan dari pikiran Anda mengenai usaha sampingan. Banyaknya masyarakat yang memiliki usaha sampingan selain melakoni pekerjaan utama merupakan salah satu tanda bahwa usaha sampingan tidak dapat dipandang sebelah mata.

 

Jika kita ingat kembali sejarah perusahaan besar dunia seperti Microsoft, Google, Facebook, Kaskus, dan salah satu marketplace ternama Indonesia yaitu Tokopedia, mereka bermula dari usaha rumahan. Entah itu berawal dari garasi rumah atau kamar kosan, sama saja. Intinya mereka membangun usaha benar-benar dimulai di lingkungan terdekat dari tempat tinggal mereka.

mencari usaha sampingan

Beberapa dari mereka dapat dijadikan contoh manis dari upaya kerja keras mencari usaha sampingan. Namun perlu diingat bahwa lebih banyak orang yang gagal dalam menjalani usaha sampingan. Entah itu karena faktor ingin cepat kaya tanpa menikmati proses, tidak tekun, serta tidak fokus adalah beberapa alasan yang mendasari kegagalan tersebut. Untuk itulah kami sajikan beberapa tips bagi Anda yang sedang mencari usaha sampingan agar nantinya dapat sukses.

 

  1. Just Do It

Ini adalah slogan dari perusahaan apparel sport ternama yaitu Nike. Slogan ini dapat kita terapkan dalam mencari usaha sampingan. Anda tidak perlu banyak berpikir mengenai bagaimana nanti usahanya akan berjalan. Memang, beberapa hal harus Anda pertimbangkan sebelum mencari usaha sampingan. Namun jangan terlalu lama. Pikirkan hal yang esensial saja dan segeralah memulai.

 

  1. Saling Percaya Antar Partner

Kepercayaan mutlak ada dalam suatu bisnis. Dengan adanya kepercayaan yang mendasari, akan menjadikan bisnis menjadi lebih terarah. Temukan partner yang dapat dipercaya dan tentunya dapat diandalkan. Jangan egois untuk dapat menjalankan semua pekerjaan seorang diri. Pelajari karakter masing-masing partner atau anggota tim sehingga Anda akan lebih mudah untuk menangani jika terjadi suatu konflik internal.

Baca juga : 5 Alasan Untuk Cari Usaha Sampingan

  1. Tetap Profesional Walaupun Bekerja di Rumah

Kerapkali pikiran kita terganggu oleh keinginan untuk santai karena bekerja di rumah. Untuk itu Anda harus membiasakan diri menganggap rumah sebagai tempat kerja yang produktif. Yang berbeda hanya penamaannya saja, yaitu rumah dan kantor. Akan tetapi fungsinya adalah sama, yaitu tempat untuk bekerja. Semakin produktif Anda bekerja, maka hasil yang didapatkan akan semakin baik. Tetaplah bekerja secara profesional dan bangunlah budaya yang membangun semangat kerja dengan partner bisnis Anda.

 

  1. Mempersembahkan Kualitas Terbaik

Kualitas produk yang baik, entah itu barang ataupun jasa akan dihasilkan dari metode serta teknik yang baik dalam membuat barang atau melayani jasa pengiriman. Mencari usaha sampingan sebenarnya memiliki trik tersendiri. Pola pikir yang tadinya usaha yang disampingkan harus diubah menjadi usaha yang nantinya dapat diarahkan menjadi bisnis besar. Dengan usaha sepenuh hati serta etos kerja yang tinggi akan menghasilkan kualitas yang baik. Konsumen akan datang dan loyal dengan sendirinya jika Anda dapat terus mempersembahkan kualitas terbaik secara konsisten.

 

  1. Hati-hati dalam Mengelola Uang

Seringkali dalam mencari usaha sampingan, Anda kerap dibuat bingung dengan pengelolaan keuangannya. Jangan mencoba untuk mencampurkan keuangan pribadi keluarga dengan usaha sampingan. Ini kerap kali dilakukan oleh para pelaku usaha sampingan. Anda harus dapat memisahkan keuangan antara kedua hal tersebut. Sudah banyak contoh yang terjadi ketika keuangan pada kedua aspek yang terpisah ini malah digabungkan. Hasilnya tidak akan terlihat, apakah usaha sampingan Anda sudah berjalan dengan maksimal atau belum.

 

Tolak ukur yang dilihat dari kinerja keuangan tidak akan bisa nampak. Untuk itu pengelolaan aspek keuangan usaha sampingan sangat penting untuk diperhatikan. Jika ini dilakukan dengan baik, maka usaha bisnis sampingan Anda tentu saja akan dapat berkembang dan menghasilkan pendapatan yang menjanjikan. Bukankah itu yang selama ini Anda inginkan? Pisahkan arus kas keuangan dan catat segala macam transaksi uang baik arus kas masuk ataupun arus kas keluar. Hutang, piutang, neraca, laporan arus kas, dan berbagai macam laporan keuangan lain harus selalu rutin dikerjakan dan diperiksa.

Sudah Baca Artikel ini?







Posting terkait dengan Tips Bagi Anda yang Sedang Mencari Usaha Sampingan







Hak cipta © Indra Widaryanto
error: Content is protected !!