Mencari Kerja Sampingan Buat Kamu yang Masih Mahasiswa (Bagian 2)





Sebelum membaca artikel ini, ada baiknya kamu membaca bagian pertamanya terlebih dahulu. Namun itu enggak wajib karena tidak harus dibaca secara berurutan.

 

Mencari kerja sampingan bukanlah suatu hal yang sulit dilakukan oleh kamu yang masih duduk di bangku kuliah. Tergantung dari niat dan semangatmu dalam memperoleh uang tambahan serta pengalaman yang tentunya mengesankan. Di bawah ini adalah beberapa contoh dari usaha sampingan. Langsung aja, yuk.

mencari kerja sampingan

  1. Menjadi Freelancer

Menjadi freelancer atau pekerja paruh waktu merupakan alternatif yang menjanjikan. Mencari kerja sampingan dengan menjadi freelancer dapat disesuaikan dengan keinginan serta minatmu. Misalnya untuk kamu yang sekiranya sudah tidak terlalu banyak mengambil mata kuliah, kamu dapat menjadi freelancer paruh waktu di beberapa usaha yang ada di sekitar kampusmu. Entah itu restauran, kafe, perusahaan di sekitar tempatmu tinggal, bahkan kampusmu sendiri. Banyak akses untuk menuju kesana selama kamu masih menjadi mahasiswa.

 

Sering-seringlah berbagi informasi dengan teman seangkatan, adik atau kakak angkatan, dosen, maupun teman dari fakultas/universitas lain mengenai hal ini. Jika kamu menginginkan freelancer dan bekerjasama dengan instansi atau perusahaan lain, kamu akan mendapatkan beberapa kelebihan diantaranya pengalaman, ilmu baru, peningkatan softskill maupun hardskill, dan tentu saja jalinan relasi. Namun, apabila kamu belum bisa mendapatkan pekerjaan freelancer dengan cara bekerjasama dengan pihak lain, kamu bisa banget lho menjadi freelancer atas kemauan sendiri.

 

Kamu yang suka menulis, bisa membuka jasa tulis konten website. Untuk yang suka desain atau animasi dapat membuka jasa freelance pembuatan poster lomba. Yang kuliah di jurusan IT bisa membuat program atau aplikasi yang dapat diuangkan. Bahkan, freelance jasa ketik atau translate dokumen juga bisa kamu manfaatkan lho. Jadilah mahasiswa yang kreatif untuk mengubah peluang menjadi uang ya.

 

Baca Juga : Macam Usaha Sampingan Buat Kamu

 

  1. Tentor Bimbel

Sepertinya mahasiswa banyak sekali yang mencari kerja sampingan dengan menjadi tentor bimbel. Selain menambah pengalaman mengajar, kamu dapat mengasah kemampuan belajarmu dan membaginya dengan muridmu. Hal ini akan membuat kita menjadi ingat akan materi yang dulu pernah dipelajari ketika masih sekolah.

 

Menjadi tentor bimbel termasuk bisnis sampingan yang menguntungkan. Selain waktunya yang tidak terlalu lama, hasil yang didapatkan juga lumayan banget untuk kalangan mahasiswa. Kamu dapat menawarkan jasa ini ke perumahan, sekolah, ataupun adik-adik dari teman-teman kampusmu yang membutuhkan jasa les tambahan. Bisa jadi ketika nanti muridmu bertambah, kamu dapat memberikan kesempatan bagi teman kuliahmu untuk mendaftar menjadi tentor bimbel yang kamu miliki sendiri.



 

  1. Jadi Tour Guide

Musim liburan adalah salah satu kesempatanmu untuk bisa menjadi tour guide. Banyak sekali agen perjalanan wisata yang kekurangan tenaga akan hadirnya tour guide. Kamu bisa memberi jawaban kepada mereka dengan menawarkan jasa tour guide. Dapet duit plus jalan-jalan serta membawa rombongan adalah suatu hal yang membanggakan.

 

Dengan menjadi tour guide, kamu dapat berlatih untuk public speaking di hadapan para peserta wisata. Kamu juga dapat belajar sejarah ataupun tempat-tempat yang nantinya bakal kamu datangi nanti. Manajemen waktu serta kemampuan mengatur orang-orang akan diasah ketika mencari kerja sampingan dengan menjadi tour guide.

 

  1. Buka Bisnis dan Berpartner

Memiliki bisnis sendiri ketika masih duduk di bangku kuliah merupakan sebuah langkah yang tepat sebelum kamu lulus kuliah. Banyak sekali rekan yang dapat kamu jadikan partner bisnismu. Mencari kerja sampingan dengan memiliki bisnis sendiri artinya kamu memiliki kekuasaan terhadap kendali waktumu. Pembagian tugas yang dilakukan bergantian dengan teman akan melatihmu untuk bekerjasama dengan baik.

 

Selain dapat mendulang keuntungan, kamu juga dapat belajar bagaimana mencari bahan baku, membuat produk, hingga menjual atau melayani penjualan (jika itu produk jasa) sampai ke tangan konsumen. Jika usahamu ini menjanjikan, kamu dapat memberi kesempatan untuk membuka lowongan kerja kepada rekan-rekan atau masyarakat sekitar yang membutuhkan pekerjaan. Menjadi entrepreneur adalah sebuah pekerjaan yang menjanjikan sekaligus bermanfaat bagi banyak orang. Manfaatkan beberapa kompetisi dan lomba-lomba yang berkaitan dengan bisnis yang kerap diadakan antar kampus. Atau kamu bisa mengajukan proposal ke pihak kampus atau mengikuti program hibah yang kerap diadakan oleh DIKTI. Hadiahnya bisa untuk digunakan sebagai pengembangan bisnismu sekaligus menambah portofoliomu.

Sudah Baca Artikel ini?



Incoming search terms:





Posting terkait dengan Mencari Kerja Sampingan Buat Kamu yang Masih Mahasiswa (Bagian 2)







Hak cipta © Indra Widaryanto
error: Content is protected !!