macam bisnis rumahan

Macam Bisnis Rumahan yang Dapat Anda Terapkan, Raup Pendapatan Hingga Jutaan

Posted on

macam bisnis rumahan

Banyak cara untuk mendapatkan uang, mulai dari bekerja di kantor, menjadi professional tanpa ikatan, ataupun bisnis sampingan. Semua adalah pilihan. Tergantung Anda sebagai pembuat keputusan.

 

Saat ini, macam bisnis rumahan tidak dapat dianggap enteng. Anda yang masih bekerja di kantor pun juga dapat mencicipi bisnis rumahan ini. Karena bisnis ini tidak terikat oleh kondisi dan tentunya perusahaan tempat Anda bekerja tidak mungkin melarang Anda untuk membuka usaha sampingan, bukan?

 

Nah, peluang dapat dilakoni sembari tetap mengerjakan pekerjaan utama. Banyak cara untuk bisa meraup pendapatan tambahan hingga jutaan. Beberapa ide macam bisnis rumahan ini dapat Anda praktekkan, tentunya karena peluangnya yang menjanjikan. Berikut merupakan ulasannya.

 

 

  1. Mendulang Uang Dari Jasa Air Minum Isi Ulang

 

Macam bisnis rumahan yang pertama adalah jasa air minum isi ulang. Langkanya air mineral yang bersih untuk kegiatan sehari-hari seperti memasak dan minum pada daerah perkotaan merupakan sebuah peluang yang menjanjikan. Banyak masyarakat yang memilih untuk menggunakan air minum isi ulang karena kualitasnya yang baik dan harganya yang tidak terlalu mahal.

 

Anda hanya perlu menyiapkan ruang depan rumah untuk menempatkan alat air minum isi ulang. Tidak perlu repot-repot untuk mengelolanya sendiri. Anda dapat mencari orang untuk menjaga depot air isi ulang sehingga Anda tetap bisa fokus untuk bekerja di kantor. Berikan layanan yang memuaskan kepada pelanggan dengan ruangan yang higienis dan bersih, jasa antar gratis, pemesanan via sms atau chat, atau promosi lain yang sekiranya dapat memberikan nilai plus bagi jasa Anda.

 

  1. Pemasukan yang Tinggi dengan Membuka Jasa Fotokopi

 

Jasa fotokopi akan selalu dibutuhkan siapapun terutama bagi anak sekolah dan mahasiswa. Jika daerah tempat tinggal Anda dekat dengan kampus dan sekolah, Anda dapat memanfaatkan lokasi strategis ini sebagai tempat membuka jasa fotokopi. Macam bisnis rumahan yang satu ini tidak akan pernah sepi karena merupakan kebutuhan pokok setiap mahasiswa.

 

Agar jasa fotokopi milik Anda semakin ramai, Anda dapat memberi tambahan fasilitas lain seperti jasa print, cetak, jilid, serta membuat buku. Anda dapat mencari buku-buku referensi mahasiswa dari berbagai jurusan untuk selebihnya dicetak menjadi buku. Selain itu, Anda juga dapat melengkapi barang dagangan dengan menambahkan perlengkapan ATK (Alat Tulis Kantor) untuk mendapatkan tambahan pendapatan lain.

 

Baca Juga : 5 Alasan Harus Cari Usaha Sampingan

 

  1. Bisnis Dropship, Alternatif Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil

Era online dimana semua kegiatan mayoritas dilakukan dengan menggunakan internet dapat dimanfaatkan untuk mendulang uang. Bagi Anda yang sama sekali bingung mengenai macam bisnis rumahan dapat menjajal untuk membuka bisnis dropship.

 

Bisnis dropship adalah bisnis online dengan cara menjual produk milik orang lain dan yang mengirimkan produk tersebut adalah orang lain pula (reseller). Ini artinya Anda menjadi perantara antara seller dengan buyer dengan mengambil komisi atau potongan margin dari harga beli.

 

Anda tidak perlu repot mencari barang yang diinginkan buyer kemudian mengirimkannya ke alamat buyer karena itu semua akan dilakukan oleh seller. Usahakan mencari seller yang memang menerima dropshipper dan mencari seller yang memang trusted sehingga Anda tidak tertipu. Hati-hati dengan penipuan via online karena memang bisnis ini memang dilakukan tanpa bertatap muka (via internet). Tips yang lain adalah selalu pantau mutasi rekening bank Anda ketika bertransaksi via buyer maupun seller.

 

  1. Membuka Les Privat dengan Memberdayakan Mahasiswa Setempat

Les Privat merupakan sebuah alternatif pendidikan yang dicari oleh siswa yang duduk di bangku sekolah. Ibu-ibu rumah tangga saat ini lebih memilih untuk memberi les privat kepada anaknya daripada memasukkannya ke bimbingan belajar yang mahalnya melebihi uang sekolah. Selain itu, model les dengan sistem privat akan lebih intensif sehingga murid akan lebih cepat menyerap materi yang diberikan.

 

Hal ini dapat dijadikan sebuah peluang yang dapat Anda manfaatkan. Jika memang Anda tidak bisa mengajar dengan baik, Anda dapat membuka lowongan pekerjaan bagi mahasiswa-mahasiswa yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal Anda. Namun perlu diingat bahwa Anda harus menerapkan sistem yang terstruktur bagi pendidikan murid. Karena bisnis les privat sangat memegang teguh kepercayaan antara wali murid dengan lembaga les privatnya. Berikan fasilitas serta metode pengajaran yang interaktif sehingga akan menjadikan bisnis les privat Anda menjadi menarik.

Sudah Baca Artikel ini?



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!