Khasiat Manfaat Teh, Tepung dan Sayur daun kelor untuk kesehatan



Saya yakin Anda pernah mendengar peribahasa “dunia tidak selebar daun kelor”. Apakah Anda tahu seberapa lebar daun kelor?

Lihat gambar daun kelor ini

manfaat-dan-khasiat-daun-dan-tepung-kelor-untuk-kesehatan

Ternyata daun kelor itu kecil. Namun jangan hanya dilihat kecilnya daun kelor. Pelajari manfaatnya dan Anda akan tercengang betapa luar biasanya manfaat daun kelor untuk kesehatan, bahkan para ahli menyebutnya sebagai “Miracle Tree” apa alasanya? Terus mambaca

Nama ilmah dari Kelor adalah Moringa Oleifera dari jenis suku Moringaceae. Daunya berbentuk bulat lonjong dengan ukuran kecil tersusun rapi pada tangkai. Tinggi pohon kelor bisa mencapai 7 meter sampai 11 meter. Bunga warna putih kekuning-kuningan dan mengeluarkan aroma semerbak.

Nah, tidak hanya nama ilmiah Kelor juga ada Nama daerahnya (menggunakan Bahasa daerah)

  1. Jawa, Sunda, Bali & Lampung = Kelor
  2. Buru = Kerol
  3. Madura = Marangghi
  4. Flores = Moltong
  5. Gorontalo = Kelo
  6. Bugis = Keloro
  7. Sumba = Kawano
  8. Bima = Ongge
  9. Timor-Timor = Hau Fo

Kelor tidak hanya bermanfaat pada daunnya, tetapi juga pada Kulit Batang, Buah dan Bijinya. Penelitian sudah dilakukan sejak 1980 di daerah Somalia, Etiopia dan Sudan, karena Kelor merupakan konsumsi sehari-hari di negera tersebut.

World Health Organization (WHO) menyarankan untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan untuk mengkonsumsi Kelor karena kandungannya gizi dalam daun kelor adalah :

  • Memiliki Potasium Tiga kali lipat dari pada Pisang.
  • Kalsium Empat Kali Lipat lebih banyak dari pada susu.
  • Memiliki Vitamin C tujuh kali lipat dari pada Jeruk.
  • Mengandung Vitamin A Empat kali lipat lebih banyak dari pada Wortel
  • Memiliki Protein dua kali lipat dari pada Susu.
  • Memiliki Polyphenol yang tinggi, sebagai antioksidan.

kandungan-gizi-daun-tepung-kelor-untuk-kesehatan

Hasil Penelitian, Daun Kelor Segar dan Daun Kelor Kering memiliki beberapa perbedaan kandungan gizi, vitamin dan mineral. Berikut ini infonya.

Tabel kandungan Asam Amino Daun Kelor (tiap 100 gram daun)

kandungan-gizi-daun-tepung-kelor

Tabel Kandungan Protein, Lemak, Vitamin dan Mineral (tiap 100 gram daun)

kandungan-gizi-daun-tepung-kelor-untuk-kesehatan

Telah dilakukan beberapa Penelitian terhadap Pohon Kelor. Daun, batang, akar, & bunga. Berikut ini manfaat kelor untuk kesehatan dan lainnya:

  1. Mengatasi Alergi
    3 batang daun kelor, adas pulasari secukupnya, satu suing bawang merah dan air sebanyak tiga gelas. Rebus sampai mendidih dan sisa kira-kira dua gelas, lalu disaring dan minum setiap hari rutin.
  1. Mengatasi Herpes, Kurap dan Luka Bernanah
    7 batang daun kelor ditumbuk sampai halus kemudian ditempelkan pada bagian yang bermasalah.
  1. Mengatasi sakit Mata
    3 batang daun kelor ditumbuk hingga haus dan ditambahkan air satu gelas, aduk sampai rata. Diamkan, biarkan ampas mengendap. Airnya dapat digunakan untuk tetes mata.
  1. Mengatasi Rematik, Pegal Linu dan Nyeri.
    2 batang daun kelor dan kapur sirih setengah sendok makan lalu ditumbuk sampai harus. Gosokkan pada bagian tubuh yang sakit, sebagai param.
  1. Mengatasi Flek pada wajah.
    Ambil beberapa helai daun yang masih mudah, tumbuk sangat halus lalu dipakai untuk bedak atau bisa juga dicampur dengan bedak.
  1. Penyakit Jantung
    Februari 2009 dari Journal of Medical Food menginformasikan bahwa pemberian 200 miligaram per kilogram berat badan setiap hari selama 30 hari menghasilkan Lipid Teroksidasi rendah dan Melindungi jaringan jantung dari kerusakan structural. Namun masih diperlukan penelitan lebih lanjut untuk hal ini.
  1. Anti Kanker
    Jurnal Food and Chemical Toxicology, Juli 2011 dalam studi kultur jaringan sel kanker serviks ekstrak daun kelor mencegah pertumbuhan dan reproduksi sel kanker. Peneliti menyimpulkan bahwa daun kelor berpotensi sebagai pencegahan kanker secara alami.

manfaat-teh-daun-kelor-dan-daun-kelor-untuk-obat-rematik

  1. Anti Diabetes
    Daun Kelor memiliki mineral seng yang tinggi, yaitu mineral yang dibutuhkan untuk produksi insulin (University of Wiconsin La Crosse). Journal of Diabetes, Juni 2012 diinfokan bahwa konsumsi ekstrak daun kelor setiap 150 miligaram per kilogram berat badan selama 21 hari dapat memperbaiki kadar gula darah. Sebaiknya lakukan tes darah sebelum dan sesudah terapi dengan daun kelor untuk mengetahui efeknya pada tubuh Anda.
  1. Mengatasi Arthritis
    Journal of Chinese Integrative Medicine, Feb 2011 menginformasikan bahwa ekstrak daun dan akar kelor mengurangi kepekaan terhadap rangsangan yang menyekitkan pada sendi rematik. Selain itu kombinasi akar dan ekstrak daun kelor memiliki efek sinergis untuk mengurangi rasa sakit.
  1. Mengatasi Kolesterol Tinggi dan Diabetes
    3-5 batang/ gagang daun kelor. Direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Disaring dan diminum dua kali sehari.
    Jaiswall Dolly peneliti dari Departemen Kimia Universitas Allahabad, India membuktikan bahwa daun kelor lebih manjut menurunkan kadar gula darah dibandingkan Glipizide (obat diabetes)
  1. Sakit Kuning
    3-7 batang daun kelor, 1 sendok makan madu dan 1 gelas air kelapa hijau.
    Daun ditumbuk halus, diberi 1 gelas air kelapa mudah. Aduk dan saring. Tambahkan 1 sendok makan madu. Minum secara rutin satu kali sehari.
  1. Cacingan
    3 batang daun kelor, 1 gagang daun cabai, 1-2 batang meniran.
    Semua bahan direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hinggal tinggal 1 gelas, kemudian disaring dan diminumkan dua kali sehari.
  1. Untuk menurunkan panas atau demam anak
    Buat sayur bening daun kelor muda berikut buah mudanya. Kemudian dikonsumsi oleh anak Anda. Rasanya sebelas duabelas dengan daun katu.
  1. Menghancurkan batu ginjal
    Daun kelor dibuat sayur dan konsumsi rutin selama sebulan. Batu ginjal akan cepat luruh dan keluar saat buang air kecil.
  1. Daun Kelor Sebagai Penjernih Air
    Untuk Penjernihan air dapat menggunakan biji kelor (Moringa Oleifera).  Tindakan ini dapat dikatakan penjernihan air dengan bahan kimia, karena tumbukan halus biji kelor dapat menyebabkan terjadinya gumpalan (koagulan) pada kotoran yang terkandung dalam air.
    Cara penjernihan ini sangat mudah dan dapat digunakan di daerah pedesaan yang banyak tumbuh pohon kelor.
    Cara Pembuatan Daun Kelor Sebagai Penjernih Air:
  1. Kupas biji kelor dan bersihkan kulitnya.
  2. Biji yang sudah bersih dibungkus dengan kain, kemudian ditumbuk sampai halus betul. Penumbukan yang kurang halus dapat menyebabkan kurang sempurnanya proses penggumpalan.
  3. Campur tumbukkan biji kelor dengan air keruh dengan perbandingan 1 biji : 1 lt air keruh.
  4. Campur tumbukkan biji kelor dengan sedikit air sampai berbentuk pasta.
  5. Masukkan pasta biji kelor ke dalam air kemudian diaduk.
  6. Aduklah secara cepat 30 detik, dengan kecepatan 55-60 putaran/menit.
  7. Kemudian aduk lagi secara berlahan dan beraturan selama 5 menit dengan kecepatan 15-20 putaran/menit.
  8. Setelah dilakukan pengadukan, air diendapkan selama 1-2 jam. Makin lama waktu pengendapan makin jernih air yang diperoleh.
  9. Pisahkan air yang jernih dari endapan. Pemisahan harus dilakukan dengan hati-hati agar endapan tidak naik lagi.
  10. Pada dasar bak pengendapan diberi kran yang dapat dibuka, sehingga endapan dapat dikeluarkan bersama-sama dengan air kotor.
  11. Melancarkan Pertumbuhan Janin
  1. Manfaat Daun kelor untuk Untuk Hamil yaitu Kandungan kalsium, dan vitamin yang tinggi pada daun kelor akan membantu melancarkan pertumbuhan janin karena janin terpenuhi kebutuhan gizinya. Jadi daun kelor akan sangat baik untuk di konsumsi oleh ibu hamil.
    Namun, konsumi secukupnya saja (tidak setiap hari). jika terlalu berlebihan justru akan sangat merugikan untuk ibu hamil dan janinnya sebab dapat mengakibatkan ketidak normalan pada penglihatan janin, dan menjadi penghambat pertumbuhan

Manfaat Teh Daun Kelor Untuk Kesehatan

Daun kelor dapat juga diolah dan dikomsumsi seperti mengkonsumsi teh. Cukup beberapa helai daun kelor yang tua (bukan kekuningan) kemudian di tuang air panas. Jika anda mau mengeringkan dahulu, hindari pengeringan yang terkena matahari langsung. The daun kelor yang sudah kering ditumbuk dan siap digunakan.

Manfaat daun kelor Mungkin tidak banyak yang mengetahui manfaat daun kelor, tapi ternyata daun kelor memiliki kandungan yang baik seperti tanaman apotik hidup. Pada dasarnya, memang pada tanaman herbal ini tersimpan senyawa-senyawa yang menutrisi tubuh. Teh yang dibuat dari daun kelor mengandung polyphenol yang tinggi, dengan demikian akan bekerja sebagai antioksidan. Manfaat antioksidan ini akan mendetoksifikasi tubuh manusia dan bahkan mendukung dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kesehatan kulit juga dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi teh ini secara teratur.

manfaat-dan-khasiat-daun-dan-tepung-kelor

Berikut ini beberapa manfaat daun kelor yang dikonsumsi sebagai teh :

  1. Membantu mendapat Berat badan ideal
    Tubuh ramping dan ideal menjadi impian semua orang. hidup lebih sehat salah satu tujuannya. Hasil studi menunjukan bahwa teh kelor sangat membantu untuk menangani masalah pencernaan. Efeknya merangsang metabolisme untuk lebih membantu tubuh membakar kalori dengan lebih cepat karena teh kelor juga diserap ke dalam usus.
  1. Menyediakan energy
    Secangkir teh daun kelor setiap pagi bisa menguatkan bagian tubuh untuk tetap pro aktif sepanjang sepanjang hari. Kandungan2 vitamin dan mineral dalam the daun kelor yang diserap Tubuh akan secara otomatis membuat tubuh merasa baik dan berenergi dari sebelumnya.
  1. Menyediakan nutrisi
    Selain sebagai minuman bergizi untuk seluruh tubuh, teh daun kelor juga memiliki peran penting dalam memelihara otak dan mata. Gizi otak membantunya dalam mengambil keputusan yang tepat bahkan pada situasi sulit.
  1. Membantu Pencernaan
    Seperti manfaat no. 1, Daun kelor mempromosikan pencernaan makanan yang merupakan bantuan yang tepat terhadap masalah perut.
  1. Meningkatkan Fungsi Ekskresi
    Untuk Anda yang ingin melakukan detox tubuh Seduhan teh daun kelorjuga membantu fungsi ginjal dan hati. Tubuh dianggap bugar dan sehat hanya jika fungsi pembuangan limbah berjalan normal.
  1. Menyehatkan Rambut
    Pertumbuhan rambut menjadi hidup, mengkilap, mengkilap dengan asupan nutrisi yang tepat. Nutrisi hadir dalam teh ini meningkatkan pertumbuhan rambut.
  2. Menyehatkan Kulit
    Vitamin C yang tinggi dan antioksidan yang terkandung di daun kelor sangat bagus untuk kesehatan Kulit.
  1. Menyehatkan mata
    Vitamin A yang 4 kali lipat dari wortel sangat baik untuk mata. Mata menjadi sehat dan jernih. Rabun senja secara bertahap berkurang. Selain dikonsumsi langsung, dapat juga air rebusannya digunakan untuk membasuh / diteteskan pada mata.
  1. mengatasi Sariawan
    Sariawan? Atasi dengan daun kelor. Vitamin C  yang tinggi dapat mempercepat proses kesembuhan dari sariawan.
  1. Menjaga Kesehatan Otak
    Menurut penelitian, potasium merupakan zat yang mampu memelihara kesehatan otak dan saraf sehingga keadaan keduanya dapat dikontrol kesehatannya. Daun kelor kaya akan kandungan potasium. Sehingga dapat menjaga kesehatan otak dan saraf Anda.
  1. Mencegah Osteoporosis
    Kandungan Kalsium pada daun kelor yang kemudian akan membuat tulang menjadi kuat dan mencegah terjadinya keropos tulang. Selain sebagai penguat tulang, dinegara-negara lain seperti Afrika dan India biasa memanfaatkan daun kelor sebagai obat diabetes dan mengobati tekanan darah tinggi.

manfaat-sayur-daun-kelor-untuk-ibu-hamil

Efek samping daun Kelor / Bagian yang sebaiknya tidak dikonsumsi

Hampir seluruh bagian dari Pohon Kelor bermanfaat. Daun, Biji, buah, dll. Namun penting untuk menghindari memakan akar secara langsung karena akar merupakan bagian tanaman yang dapat mengandung zat beracun yang dapat menyebabkan kelumpuhan dan kematian.

Belum ada informasi yang cukup untuk mengetahui apakah daun kelor memiliki efek samping dikomsumsi bersamaan denan obat.

Jika Anda mengkomsumsi obat dari dokter, sebaiknya jangan bersamaan tetapi beri jeda waktu 2-3 jam.

Jika Anda sedang mengandung sebaiknya tidak mengkomsi bagian-bagian dari pohon kelor karena dapat membuat kontraksi Rahim dan dapat menyebabkan keguguran. Belum diperoleh informasi yang jelas, namun sebaiknya dihindari untuk Anda yang sedang hamil dan menyusui.

Sudah Baca Artikel ini?



Incoming search terms:





Posting terkait dengan Khasiat Manfaat Teh, Tepung dan Sayur daun kelor untuk kesehatan







Hak cipta © Indra Widaryanto
error: Content is protected !!