Belajar Dari Semut Membangun Kekompakan





cerita motivasi belajar dari semut kerja sama Layaknya ratu semut,tiap pemimpin atau pengusaha tentu ingin anak buahnya kompak dan dapat bekerja sama dengan baik.Nah,berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membangun kerja sama tim seperti yang Anda harapkan. Apa saja?

Tujuan Jelas

Pastikan tim Anda mengetahui dengan jelas mengapa mereka dibentuk. Tim Penjualan,  tahu berapa target penjualannya, siapa kira-kira yang akan menjadi targetnya, dan sebagainya.

Jika tujuan sudah ada, dan tujuan itu sama, barulah tim itu dapat saling mengoodinasi dan bekerja sama menentukan langkah-langkah strategis yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan.

Kondisi Kerja yang Stabil

Lingkungan kerja yang stabil, di mana perusahaan bebas dari gossip, aturan internal dalam perusahaan jelas dan dilaksanakan dengan baik,tidak ada ancaman pengurangan karyawan, kepastian gaji diberikan tepat waktu, bebas dari masalah keuangan, hukum dan sebagainya juga sedikit banyak akan meningkatkan kerja sama tim. Jika yang terjadi sebaliknya – kondisi perusahaan tidak stabil – maka jangankan kerja sama tim, untuk bekerja pun mereka kehilangan antusiasme.

Ciptakan Budaya Saling Menghormati dan Percaya

Sikap saling menghormati dan percaya akan menciptakan hubungan yang harmonis di dalam tim. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan kedua budaya ini. Agar tiap karyawan dapat saling menghomrati sebagai asan anda dapat menciptakan kebiasan memberikan apresiasi untuk setiap keberhasilan yang diraih. Atau, Anda juga dapat menunjukandiri tidak ragu dalam mendelegasikan tugas. Dengan begitu, antar anggota tim pun akan saling percaya dengan kompetensi masing-masing anggota.

Berikan Dukungan

Kekompakan dan soliditas sebuah tim akan lebih mudah tercipta jika perusahaan menunjukkan dukungannya secara nyata. Bagaimana mungkin tim akan jadi solid jika perusahaan tidak menempatkan mereka dalamruangan kerja yang sama,misalnya?



Kalau perlu, berikan juga training-training khusus yang dapat menumbuhkan kekompakan di antara mereka.Intinya, perusahaan tidak boleh hanya berharap timnya solid, tapi juga harus mengupayakan dan memberikan fasilitas yang perlu agar kekompakan itu tercipta dan terjaga.

Baca Juga : Mengisi Waktu Efektif Dengan Kerja

Buat Kegiatan Di Luar Pekerjaan

Kegiatan diluar pekerjaan artinya adalah suatu kegiatan  yang lepas dari beban pekerjaan. kegiatan-kegiatan seperti berwisata bersama, makan malam bersama utuk merayakan keberhasilan dan lain-lain, dapat dilakukan setidaknya sekali dalam setahun atau bias juga setelah proyek-proyek tertentu sudah terselesaikan. Pastikan kegiatan ini benar-benar bebas dari obrolan soal pekerjaan.

Ciptakan Kebiasaan Khas

Tidak harus dilakukan, tapi kebiasaan khas sebuah tim akan mendorong tiap anggotanya jadi makin kompak dan solid. Kegiatan makan siang bersama secara regular (seminggu sekali, misalnya) ditempat tertentu, meski menunya sederhana, dapat meningkatkan ikatan antar anggota tim dan membawa perasaan kekeluargaan yang kuat.

Sumber: Spirit Motivator

Sudah Baca Artikel ini?







Posting terkait dengan Belajar Dari Semut Membangun Kekompakan







Hak cipta © Indra Widaryanto
error: Content is protected !!