Beberapa Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Anda Mencari Pekerjaan Sampingan



Bekerja di kantor memang menyenangkan. Dapat gaji tetap setiap bulan, tunjangan, kesehatan, dan beberapa dari fasilitas perusahaan lain yang menjanjikan. Kemudian Anda mulai berpikir lebih jauh tentang mencari pekerjaan sampingan. Sepertinya enak untuk dijalani dan menghasilkan pemasukan tambahan.

 

Namun sebelum Anda sudah berjalan lebih jauh. Tentu ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda mencari pekerjaan sampingan. Ini dapat dijadikan acuan dari segi kesiapan Anda ketika akan membagi pekerjaan utama dengan pekerjaan sampingan. Poin-poin di bawah ini hanya menunjukkan bahwa, “apakah Anda sudah siap untuk mencari pekerjaan sampingan?” Berikut merupakan ulasannya terkait hal yang perlu dijadikan pertimbangan sebelum memiliki pekerjaan sampingan. Terdiri dari faktor internal yang berasal dari dalam diri sendiri serta faktor eksternal.

mencari pekerjaan sampingan

  1. Bulatkan Niat

Tanda dari tekad Anda yang sudah bulat dalam melakoni pekerjaan sampingan adalah dengan tidak adanya keraguan. Jika Anda masih ragu atau setengah hati dalam memantapkan niat, maka jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan untuk melakukan pekerjaan sampingan. Jika Anda sudah yakin dan niatnya sudah lurus, walaupun sekiranya belum mengetahui akan membuka usaha apa, itu tidak jadi masalah. Yang penting Anda sudah bulatkan niat dalam memiliki pekerjaan sampingan.

 

  1. Punya Satu Alasan

Alasan adalah sebuah hal yang mendasari adanya pengambilan keputusan. Sebelum Anda mencari pekerjaan sampingan, apakah Anda sudah punya alasan yang kuat? Mengapa Anda harus memiliki pekerjaan sampingan? Tentu saja untuk menambah penghasilan. Namun jangan jadikan materi sebagai alasan utama karena jika di tengah jalan terdapat kesulitan terkait materi, semangat Anda pasti akan down. Coba renungkan; Apakah untuk aktualisasi diri? Apakah memang memiliki rencana bisnis jangka panjang? Apakah ingin memberdayakan masyarakat sekitar?

 

  1. Ide dan Rencana Bisnis

Langkah selanjutnya yang sudah harus dipikirkan adalah mengenai ide dan rencana bisnis yang akan dibangun. Akan seperti apakah nanti bisnisnya? Bisnisnya akan bergerak di bidang apa? Anda dapat mengulik ide dan berbagai rencana bisnis yang sudah kami sajikan di beberapa artikel sebelumnya. Semoga ide-ide tersebut dapat memberikan inspirasi untuk Anda yang sedang mencari pekerjaan sampingan.

 Baca Juga: Mencari Kerja Sampingan Untuk Kamu

  1. Modal Awal

Ini merupakan pondasi dari awal mula terbentuknya sebuah usaha. Jika memang Anda sudah berniat untuk mencari pekerjaan sampingan namun tidak memiliki modal yang cukup, bisa mencoba bisnis sebagai dropshipper yang relatif mudah dan tidak membutuhkan modal besar (hanya bermodal handphone dan pulsa). Setelah uang dari bisnis tersebut terkumpul, selanjutnya Anda dapat melebarkan sayap untuk memulai usaha baru yang lebih sustainable.

 

  1. Partner Kerja

Jika nanti Anda akan memiliki pekerjaan sampingan sedangkan fokus pekerjaan di kantor juga masih dikerjakan maka Anda harus memiliki partner kerja yang dapat membantu mengelola usaha yang sedang dilakoni. Entah itu dari keluarga dekat, ataupun merekrut orang lain yang dapat dipercaya. Jangan asal sembarangan untuk merekrut orang karena usaha yang Anda jalani masih akan dimulai sehingga butuh kepercayaan yang tinggi antara Anda dengan partner kerja.

 

 

  1. Tekanan dan Volume Pekerjaan di Kantor

Bagi Anda yang sering lembur di kantor sehingga pulang malam sudah menjadi aktivitas sehari-hari, maka hal ini perlu dijadikan pertimbangan jika Anda ingin mencari pekerjaan sampingan. Tekanan yang tinggi di kantor akan menyebabkan stamina dan fisik menjadi lelah sehingga membutuhkan istirahat. Ini tidak akan baik jika Anda tetap memaksakan untuk membuka pekerjaan sampingan. Yang ada nanti malah stress yang didapat serta pekerjaan yang tidak berjalan dengan maksimal. Namun bagi Anda yang memang memiliki modal besar dan partner kerja yang dapat diandalkan untuk membuka pekerjaan sampingan maka hal ini tidak akan menjadi masalah. Anda tetap dapat fokus pada pekerjaan di kantor dan menjadi pemiliki dari usaha sampingan tersebut. Anda hanya perlu mencari orang lain yang dapat mengelola bisnis dengan baik. Akan tetapi jangan lupa untuk rutin melakukan kontrol terhadap kinerja sumber daya manusia dan usahanya.

 

 

Save

Sudah Baca Artikel ini?







Posting terkait dengan Beberapa Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Anda Mencari Pekerjaan Sampingan







Hak cipta © Indra Widaryanto
error: Content is protected !!