8 Karakter Semut Dalam Dunia Kerja atau Usaha



motivasi kerja usaha bisnis Belajar dari semut merdeka

Semut adalah hewan kecil yang mempunyai karakter bekerja keras dan mempunyai integritas tinggi. Meskipun tidak diawasi oleh pimpinannya, semut pekerja tetap bekerja baik dan bekerja sama satu dengan lainnya.

8 Karakter Semut yang perlu kita pelajari dan terapkan dalam dunia kerja atau usaha, yaitu:

  1. Semut Tidak Pernah Berhenti

Pernahkah Anda melihat semu berhenti ketika ia menabrak sesuatu?
Coba taruh jari Anda di depan seekor semut, ia pasti akan segera mencari jalan lain atau bahkan merambatnya. Semut tidak pernah berhenti mencair jalan keluar. Ketika di dpan ada hambatan, ia tidak hanya akan berdiam dan menatapnya. Ia juga tidak akan kembali; jalannya maju terus.

Demikian pula kita seharusnya. Tantangan dalam usaha dan pekerjaan akan selalu ada, tapi adalah tugas kita untuk selalu mencoba dan mencari jalan alternatif untu lancar dan order datang terus; ingat selalu bahwa nanti mungkin akan ada waktunya sampai pada tujuan.

  1. Berpikir Jangka Panjang

Pernahkah Anda mendengar kisat semut dan belalang?

Pada musim panas, semut mengumpulkan makanan untuk bekal selama musim dingin, sementara berlalang justru bersanti menikmati musim panas. Semut tahu bahwa musim panas (masa di mana segala sesuatunya berjalan baik) pasti berlalu. Musim dingin akan segera datang. Ketika segala sesuatunya berjalan baik dan bahkan sangat baik; bisnis lancar dan order datang terus; ingat selalu bahwa nanti mungkin akan ada waktunya bisnis lesu dan sepi. Berpikir jangka panjang dan strategis adalah keharusan dalam bisnis, sehingga bisnis tersebut dapat bertahan melewati segala musim.

  1. Melakukan atau Memberikan yang Terbaik

Berapa banyak makanan yang ditibun oleh semut pada saat musim panas? Sebanyak mungkin.

Semut tidak peduli berapa banyak makanan yang dikumpulkan semut lain. Yang penting masing-masing melakukan yang terbaik yang bisa mereka lakukan. Karakter seperti ini juga perlu dibawa dalam bisnis. Dalam hal apa pun, berikan dan lakukan yang terbaik. Keberhasilan dan kebahagiaan biasanya adalah hasil dari sebuah usaha yang total (100%) dan tidak setengah-setengah.

  1. Tidak Pernah Menunda

Saat semut melihat atau menemukan makanan dan apapun yang bisa bermanfaat bagi mereka, semut tidak akan menunggu “memungutnya” Gaya hidup seperti ini dapat berbicara tentang banyak hal dalam pekerjaan. Seperti semut, demikianlah kita seharusnya bekerja; tdak pernah menunda-nunda pekerjaan, cekatan cepat melihat peluang dan tidak menyia-nyiakan kesempatan.

  1. Mampu Bekerjasama

motivasi kerja usaha bisnis Belajar dari semut kerja sama

Semut tidak hanya dikenal sebagai hawan yang sangat rajin secara individu, tapi disamping itu mereka juga dapat bekerja sama dengan baik. Di satu sisi, mereka dapat bekerja sendiri, tapi jika keadaan memang mengharuskan adanya kerja sama, maka mereka pun andal dalam melakukannya. Dalam dunia profesional, prinsip yang sama juga berlaku. Perusahaan tidak hanya membuthkan skill individu kita, tapi juga kemampuan kita untuk bekerja sama dengan baik. Sebagai atasan atau pemilik usaha, sadari juga bahwa keberhasilan sebuah usaha pada akhirnya tdak ditentukan oleh seorang individu saja, tapi juga semua orang yang bekerja dibawahnya.

Baca Juga : Perbedaan Bos dan Leader

  1. Memiliki Disiplin Diri yang Baik

Ratu semut, sang pemimpin, biasanya Cuma ada disarang. Ia tidak bisa selalu mengawai anak buahnya yang bekerja mencari makan. Meski demikian, tidak ada semut pekerja yang tidak bekerja, meski tidak diawasi oleh sang pemimpin, semut-semut itu selalu dapat diandalkan.

Dalam dunia profesional, etika kerja yang sama sepatutnya kita junjung. Ada pemimpin atau tidak ada pemimpin, penting untuk para pekerja tetap melakukan tanggung jawabnya dengan baik.

  1. Tidak Mudah Ciut

motivasi kerja usaha bisnis Belajar dari semut

Semut tidak pernah merasa ciut melihat besarnya makanan yang akan mereka bawa ke sarang. Konon, ia bahkan bisa membawa benda seberat 50 kali berat tubuhnya. Jadi mengapa kita harus merasa ciut dengan tanggung jawab dan mimpi-mimpi besar kita?

Ketika ada kemauan, pasti ada jalan. Tidak peduli seberapa besar tanggung jawab atau tujuan Anda (asal masih realistis), Anda pun pasti dapat menanggungnya.

  1. Terorganisir

Bukankah luar biasa ketika kita dapat menyaksikan kumpulan semut membawa sebuah objek namun mereka dapat bergerak ke arah yang sama?

Seberapa pun besar beban yang mereka bawa, mereka dapat menuntaskan apa yang menjadi tanggung jawab mereka karena mereka bekerja dengan terorganisir. Jika Anda pemimpin perusahaan, pastikan seluruh staf bekerja untuk mencapai tujuan yang sama. Demikian pula jika Anda karyawan; jika Anda ingin berhasil, maka Anda juga perlu menjaga hidup dan pekerjaan Anda terorganisasi dengan baik.

Inspirasi: Spirit Motivator

Sudah Baca Artikel ini?







Posting terkait dengan 8 Karakter Semut Dalam Dunia Kerja atau Usaha







Hak cipta © Indra Widaryanto
error: Content is protected !!